Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung

Apel Siaga Kesiapan Karhutla Kec.Pasirjambu Kab.Bandung (20/09).

Bertempat di halaman res area Pasirjambu Kec. Pasirjambu Kab. Bandung, Apel Siaga Karhutla gabungan dari masing-masing instansi & stakeholder terkait yang menangani karhutla dilaksanakan, Jumat (20/09). Apel siaga dilakukan guna untuk memastikan kesiapsiagaan Kab. Bandung khususnya di Kec. Pasirjambu dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan sehingga setiap instansi & stakeholder yang tergabung didalam Satgas Karhutla Kecamatan Pasirjambu dapat mempersiapkan segala sesuatunya seperti sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada.

Apel siaga kali ini dihadiri oleh Kapolsek  Pasirjambu Akp. Septa Firmansyah.S H.Sik, serta dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dari unsur TNI, Polri, Kecamatan, Pol PP, masyarakat, pecinta lingkungan dan dan Dari Kamtibmas. Camat Pasirjambu Rachmat. SIP,  yang juga turut hadir dan sekaligus menjadi inspektur upacara pada apel siaga kali ini menyampaikan bahwa beliau mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat sehingga apel siaga antisipasi kebakaran hutan dapat terlaksana, beliau juga menghimbau kepada seluruh unsur yang hadir pada apel siaga kali ini agar menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk terus menjaga hutan dan harus saling memberi informasi bilamana terjadi kebakan hutan “Tolong sampaikan kepada masyarakat jaga hutan kita dan harus terus saling memberi informasi apabila terjadi kebakan hutan di kecamatan pasirjambu” ungkapnya.

Di wilayah Pasirjambu seperempat lahan merupakan lahan di wilayah Perhutani dan perkebunan. Dimana, dapat memicu kebakaran terlebih saat ini musim kemarau, Sehingga katanya semua unsur atau elemen masyarakat harus peduli terhadap lingkungan atau menyosialisasikan terutama hutan di wilayah Pasirjambu.

Kapolsek Pasirjambu, AKP Septa Firmansyah S.H, Sik. mengatakan ditengah kemarau panjang maka pihaknya harus siap siaga jika terjadi kebakaran hutan atau lahan. Serta gerak cepat agar jika terdapat kebakaran bisa tertangani dengan baik, Menurutnya di Pasirjambu terdapat 10 desa dengan luas wilayah 65 hektar dominan perkebunan dan memiliki cadangan hutan yang luas.
“Kita akan patroli mengecek jika kebakaran terjadi dan melakukan antisipasi” katanya.

 

 

-Ahmad Ridwan, BDG

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*