Brigadir Muji Sutrisna, SH, MH, Manfaatkan Lahan Kosong Kantor Polsek untuk Budidaya Apotik Hidup

Brigadir Muji Sutrisna, Banit Reskrim Polsek Pamotan membuat terobosan dengan menyulap lahan kosong di sekitar Mako Polsek Pamotan menjadi Apotik Hidup dan tempat budidaya bibit sayuran dan buah-buahan.

Untuk dapat menyulap lahan luang di sekitar Polsek Pamotan, dirinya sudah memperoleh izin dari Kapolres Rembang AKBP Sugiarto, SH, SIK, M.Si yang sepekan lalu melihat langsung tanaman yang sudah dibudidayakannya.

Tanaman Apotik Hidup yang dibudidayakan banyak ragamnya, terutama tanaman langka. Di antaranya Ceery Barbardos yang memiliki bentuk pohon dan buah cantik. Tanaman ini selain memiliki kandungan Vitamin C alami, juga memiliki anti oksidan tinggi yang sangat bagus bagi tubuh. Jenis tanaman lain yang dibudidayakan adalah, Tin, Dewodaru, Keji Beling, Zaitun, Kayu Putih, Sirih Hijau, Sirih Merah, Ciplukan, dan masih banyak jenis tanaman langka yang dikembangkan.

Sementara untuk tanaman buah dan sayuran yang dibudidayakan oleh  Brigadir yang selalu berpenampilan tenang itu adalah berbagai jenis Pepaya, Sawi, Cabai, Terong, Kelengkeng, Belimbing, Jeruk Santang, Jeruk Dakepon, dan Jeruk Lemon. “Khusus bibit Pepaya jenis California saya bandrol dengan harga 3000 rupiah per batangnya. Selama menenekuni usaha ini, saya sampai kuwalahan menerima pesanan,” ujarnya.

Apotik hidup dan budidaya tanaman tersebut dikembangkan dengan cara tabulampot dan hidroponik. Menurut pemikiran Sang Brigadir yang juga aktif di dunia kepramukaan ini. apa yang dilakukannya itu bukanlah sekedar untuk mengejar materi, namun ada yang lebih penting, yakni memberdayakan perekonomian kerakyatan.

“Pendekatan kepada masyarakat bukan hanya keamanan saja, namun perlu juga dicoba dengan pendekatan kesejahteraan. Karena pada prinsipnya, kalau masyarakat sejahtera, maka rasa aman juga tercipta,” pungkasnya. AS/AJ – REMBANG

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*