Dr. Hj.Yeni Gantini : SMA Negeri 3 Bandung 405 Siswa Ikuti UNBK

Kompol.info – Bandung, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMA serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, pada Senin, 1 April 2019.

Kepala SMA Negeri 3 Bandung, Dr. Hj. Yeni Gantini, M.Pd mengatakan 405 Siswa SMA Negeri 3 Bandung mengikuti UNBK tediri dari Kelas IPA 355 Siswa dan Kelas IPS 50 Siswa, dengan menggunakan 6 ruangan dibagi dalam 2 sesi, tahap awal pukul 07.30 Wib – 10.30 Wib. Alhamdulillah, sampai saat ini pelaksanaan UNBK berjalan lancar,” ungkap Wanita cantik dan ramah tersenyum ini.

Yeni menjelaskan UNBK bukan sebagai indikator kelulusan seorang siswa. Kelulusan akan ditentukan oleh sekolah berdasarkan beberapa unsur yang berkaitan dengan nilai lain seperti sikap dan prestasi lainnya,” ungkap Yeni Gantina ketika ditemui diruang kerjanya, Jalan Belitung No. 8 Bandung, Senin, 1/4/2019.

Menurut Yeni Gantini ujian dengan system berbasis computer ini kebocoran soal akan semakin kecil.“Kebocoran soal dengan menggunakan system berbasis computer sangat kecil karena data yang telah dikirim dari pusat hanya bisa dibuka beberapa saat menjelang ujian dimulai. Setiap satu ruangan diawasi oleh dua orang pengawas, satu orang proktor dan satu orang teknisi.

Untuk mengantisipasi keamanan dalam pelaksanaan UNBK, kata Yeni, pihaknya telah menyiapkan jauh-hari-hari agar pelaksanaan USBN lancar salahsatunya menyiapkan komputer cadangan jika terjadi kerusakan pada PC saat UNBK berlangsung. Begitu juga dengan sofware harus dipastikan beroperasi dengan baik, jadi kami persiapkan apalagi di bantu dari pusat dan telah melakukan sinkronisasi,” ujarnya.

Menurut Yeni Gantini, agar tidak terjadi kecurangan siswa saat UNBK, kami meminta pengawas mengamankan barang-barang peserta yang tidak diperlukan saat ujian, seperti alat komunikasi, buku-buku dan lain sebagainya disimpan di dalam tas dan ditaroh di depan kelas. Dan memaksimalkan keamanan, para pengawas diinstruksikan berada di ruangan sebelum peserta masuk. Pengawas pun harus berjaga dibelakang agar dapat memonitor siswa.

Yeni berharap berbekal kesiapan siswa SMA Negeri 3 Bandung ini, dan pengawasan panitia, menjalankan tata tertib sebaiknya, UNBK dapat berjalan lancar, aman, dan tertib. Sehingga peserta nyaman tenang dan tidak ada gangguan apapun dan hasilnya bagus.

Walaupun UNBK ini bukan salahsatu penentu kelulusan, Yeni tetap berharap siswanya tetap belajar mempersiapkan diri dengan baik. Nilai UNBK ini juga penting untuk pemetaan bagi pemerintah, baik segi kondisi atau kualitas pendidikan di Indonesia, untuk itu, menyiapkan diri menghadapi UNBK ini para siswa sangat penting,” pungkas Yeni.

SMA Negeri 3 Bandung sudah masuk
Sekolah Berbasis Riset, hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan pameran dan kompetisi hasil riset,
yang diselenggarakan setiap tahun di kampusnya. Pada bulan Mei 2018, SMA NegeRi 3 Bandung menggelar pameran dan kompetisi riset untuk siswa yang ketujuh kalinya. Dengan memamerkan 102 hasil riset, yang telah berhasil melewati berbagai tahap penilaian. Macam-macam hasil penelitian dipamerkan di 51 stan yang ada, seperti mengenai cara mengurangi radiasi cahaya, membuat hand body, pembuatan deodorant berbahan dasar daun jambu batu, solar cell, dan lainnya. Nantinya akan dipilih pemenangnya.

SMAN 3 Bandung yang dipimpin Dr. Yeni Gantini, M.Pd mengatakan Sekolah Berbasis riset merupakan aplikasi dari visi sekolah, yaitu menjadi sekolah berbasis riset, terdepan dalam penguasaan karakter, berwawasan lingkungan, unggul dalam Imtaq dan Iptek.

Sedangkan Misi-nya :

1. Membangun SDM yang unggul dalam Imtak dan Iptek globalisasi.
2. Mewujudkan pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang memiliki integritas.
3. Mewujudkan lulusan yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan,
4. serta, emosional dan spiritual guna memberikan solusi terhadap dinamika permasalahan bangsa dan Negara.
5. menjalin kemitraan dengan stakeholder (pemangku kepentingan ) melalui peningkatan pelayanan prima, transparan dan akuntabel guna membangun komunikasi yang hamonis dengan mitra kerja secara formal dan non formal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*