Humas Pemkot Bandung meraih Penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) 2018

Kompol.info Bandung – Humas Setda Kota Bandung berhasil meraih Penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo). Bagian Humas meraih penghargaan sebagai Juara Terbaik I kategori Media Sosial dan Juara Terbaik III kategori Pelayanan Informasi Melalui Website.

Penghargaan diserahkan pada acara puncak Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) 2018 di Grand Ballroom Hotel Novotel, Kota Tangerang, Selasa (4/12/2018). Acara dibuka oleh Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika sekaligus Ketua Umum Badan Koordinasi Kehumasan, Rosarita Niken Widiastuti.

Penghargaan Juara Terbaik I kategori Media Sosial diserahkan oleh Direktur Pengelolaan Media Kominfo, Siti Meiningsih kepada Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna. Sedangkan penghargaan Juara Terbaik III kategori Pelayanan Informasi Melalui Website diserahkan oleh Kepala Sistem Deputi Humas Kementerian Sekretariat Negara, Edi Cahyono kepada Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Dedi Priadi Nugraha.

Pada kategori Media Sosial, Juara Terbaik II dan III diraih Kota Bekasi dan Kota Tangerang. Sedangkan nominator pada kategori ini adalah, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Tangerang, Diskominfo Provinsi Jatim, Kota Bogor, dan Provinsi Kalimantan Utara.

Untuk kategori Pelayanan Informasi Melalui Website, Juara Terbaik I dan II diraih Kota Tangerang dan Diskominfo Bojonegoro. Pada kategori ini, Website Bagian Humas Kota Bandung, yaitu humas.bandung.go.id bersaing dengan Kota Tangerang, Diskominfo Bojonegoro, Provinsi DKI Jakarta, Diskominfo Kalimantan Selatan, dan Kota Bogor.

Pada AMH tahun ini, Bagian Humas Kota Bandung juga menjadi nominator pada kategori Siaran Pers. Nominator kategori ini adalah, Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Padang, Diskominfo Kabupaten Kudus, Diskominfo Provinsi Jawa Timur, Kota Bandung, dan Kota Bogor. Juara Terbaik I, II, III adalah, Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Pariaman, dan Diskominfo Kudus.

Plh. Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna usai menerima penghargaan mengatakan, sangat bersyukur dengan penghargaan yang sudah diraih oleh Bagian Humas Setda Kota Bandung pada AMH 2018.

“Tentunya kita ucapkan rasa syukur bahwa apa yang sudah dilakukan membuahkan prestasi. Yang terpenting dari penghargaan ini adalah, asaz kebermanfaatan bagi masyarakat, baik media sosial maupun website,” katanya.

Keberhasilan Bagian Humas ini, lanjutnya, sejalan dengan visi Kota Bandung yang ingin semakin transparan dan akuntabel. Informasi yang disampaikan melalui media sosial dan website.

“Prestasi ini sebagai jembatan dan parameter bagaimana Pemkot Bandung memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat. Yang paling penting, bagaimana keseriusan Pemkot Bandung dalam memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat, masyarakat bisa mengontrol kinerja penyelenggaraan pemerintah,” paparnya.

Ema berharap, penghargaan ini bukan titik akhir, tapi merupakan batu loncatan bagi Bagian Humas Kota Bandung. Banyak kategori yang belum didapat pada AMH tahun ini. Itu bisa jadi pemicu semangat untuk berprestasi lebih baik lagi.

“Banyak sisi positif dari penyelenggaraan AMH yang bisa digali dan kemudian kita hadirkan di Kota Bandung,” katanya.

Pemenang AMH 2018 selengkapnya adalah:
Kategori Pelayanan Informasi Melalui Website
– Kementerian/Lembaga Non Kementerian/Perguruan Tinggi/BUMN/BUMD, pemenangnya adalah: Kementerian Keuangan (I), Universitas Padjadjaran (II), dan Komisi Yudisial (III).
– Pemerintah Daerah pemenangnya Kota Tangerang (I), Diskominfo Bojonegoro (II), dan Kota Bandung (III).

Kategori Media Sosial
– Kementerian/Lembaga Non Kementerian/Perguruan Tinggi/BUMN/BUMD, pemenangnya adalah: Kementerian Kelautan dan Perikanan (I), Bank Indonesia (II), Institut Teknologi Bandung/ITB (III).
– Pemerintah Daerah pemenangnya: Kota Bandung (I), Kota Bekasi (II), dan Kota Tangerang (III).

Kategori Siaran Pers/Pemberitaan
– Kementerian/Lembaga Non Kementerian/Perguruan Tinggi/BUMN/BUMD pemenangnya: Kementerian Pariwisata (I), Kementerian PAN dan RB (II), dan Kemenertian PUPR (III).
– Pemerintah Daerah pemangnya: Provinsi Jawa Barat (I), Kabupaten Pariaman (II), dan Diskominfo Jawa Barat (III).

Kategori Penerbitan Internal
– Kementerian/Lembaga Non Kementerian/Perguruan Tinggi/BUMN/BUMD pemenangnya adalah: Kementerian PUPR (I), Kementerian Keuangan (II), dan Universitas Indonesia (UI).
– Pemerintah Daerah pemenangnya: Provinsi DKI Jakarta, Kota Surabaya, dan Diskominfo Jawa Timur.

Penyerahan penghargaan AMH 2018 sekaligus mengakhiri penyelenggaraan SAIK 2018 yang berlangsung pada 2-4 Desember 2018.*

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*