Kreativitas Budaya Nusantara tanpa Narkoba di Pondok Gede dalam Peringatan HUT ke 72 RI

Gegap gempita peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun 2017 ini dimeriahkan juga oleh Komite SMPN 17 Kota Bekasi dengan mengadakan malam budaya nasional pada 19 Agustus 2017 dengan menghadirkan para penari dari Ari Pandawa Dancer, alumnus sdn Jati Cempaka 7 yang saat ini tercatat sebagai siswa SMPN 7 Kota Bekasi.

Tarian tradisional sudah melekat kepada para anak didik. Mereka sangat memahami arti tarian tersebut. Bahkan para peserta tari tersebut sudah sering menjuarai pentas pentas tari tradisional yang diselenggarakan oleh para pencinta seni tari tradisional.

Meski demikian, anggota Komite SMPN 17 Kota Bekasi, Adang melihat, kondisi yang terjadi saat ini sangat memprihatinkan. Kebudayaan Nusantara saat ini terlihat hampir jarang diminati, baik anak- anak maupun remaja. “Saya akan mengembangkan budaya Nusantara tanah air yang sangat kita cintai ini dan akan bekerjasama dengan Ari Pandawa Dancer agar kita para orangtua, remaja dan anak-anak, selalu mencintai khasanah budaya Nusantara,” ungkapnya.

Prestasi para penari sendiri sudah sangat baik dan membanggakan. Sejak sd mereka sudah menjuarai berbagai macam kejuaraan tingkat Provinsi, baik di Jabotabek dan di Bandung sebagai juara umum. Terakhir, mereka mengikuti Jakarta Karnaval Dance yang para pesertanya dari mancanegara.

Pada momentum bersejarah tersebut, para siswa smpn 17 menampilkan tiga tarian Nusantara, yaitu Genjring Pati, tarian Sunda, Jaran Gincik dari Jawa Timur yang dibawakan oleh Eva, Maharani Nathasya Zuhriyah, Dewinta dan Cahaya Zahro dari MTs Mitahul Amal Jatimakmur dan Nyi Ronggeng. Sedang kan Dina dari smpn 51 Jakarta menampilkan tarian dari Betawi.

Tak hanya itu, para penggiat tari Nusantara juga menampilkan keahliannya saat “pindah pentas” ke RW 012 Jatiwaringin dengan menyuguhkan budaya nasional. Sutomo, tokoh masyarakat yang hadir pada malam itu sangat bangga dengan hasil koreografi tarian tersebut. “Semoga kita dapat meningkatkan kreativitas budaya Nusantara tanpa Narkoba,” ujarnya.

Para tokoh masyarakat terlihat sangat puas. Terlebih Arnold selaku ketua panitia malam perayaan Kemerdekaan Indonesia ke 72 tahun ini. Begitu juga Ketua RT 001/002 Kelurahan Jati Cempaka, Pondok Gede, Kota Bekasi, Suratman. Tampak hadir juga di tengah masyarakat, Ketua RW 002 H. Marjan, Penasehat Pamwil Kota Bekasi Supranoto, Humas Pamwil dan Lurah Jati Cempaka Asepudin memberikan kartu “Bekasi Sehat berbasis NIK” secara simbolis kepada warga Jati Cempaka. YUSUF – BEKASI

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*