Mabes Polri, FKM2-Polri dan CMC Sinergi Perkuat Citra Polri

IMG-20170831-WA0019FKM2-POLRI (Forum Komunikasi Masyarakat Media dan Polri), didirikan di Jakarta pada 1 Agustus 2017 lalu, terlahir dalam rangka memperkuat citra Polri di mata masyarakat melalui jalur komunikasi dan informasi dengan didukung para insan media (pers) profesional dan lembaga kemasyarakatan.

Maraknya berita-berita hoax (pal­su) yang beredar beberapa tahun ini, khusus­nya di media sosial (medsos) dan internet, merupakan salah satu fak­tor yang mendorong organisasi ini diben­tuk guna mencounter isu-isu ne­ga­tif tentang Polri yang selama ini diciptakan oleh para pihak yang tidak bertanggung­ja­wab. Lebih da­­­­ri itu, kehadiran FK­M2-Polri juga sebagai jembatan berba­gai elemen yang ada, baik masya­ra­kat, ormas, LSM, media dengan lem­ba­ga Kepolisian Ne­gara Republik Indonesia.

FKM2-Polri di­pe­lopori para pa­kar teknologi & in­for­masi dengan du­ku­­­ngan para awak me ­dia yang selama ini sudah malang melin­ta­ng dalam dunia pers dan konsisten membantu Polri dalam mengangkat citranya di mata ma­syarakat melalui berbagai program dan kegiatan.

Adapun visi FKM2-Polri, se­ba­­­gai jembatan antara masyarakat, media beserta unsur lainnya, agar dapat selalu bersinergi dengan Pol­ri, sehingga setiap individu Polri be­­­nar-benar dapat dipercaya ma­sya­rakat dalam fungsinya sebagai pe­layan, pengayom dan pelindung masyarakat.

Sedangkan misinya antara lain:

  1. Mendorong agar program Ka­polri dalam mewujudkan ang­gota Polri yang Promoter (Pro­fe­sional, Modern, dan Ter­per­ca­­­ya) dapat ter­wujud di semua wila­yah khusus­nya Pol­wan dan Bha­bin­kam­tibmas Pro­­­­mo­ter.
  2. Mendukung 11 Program Priori­­tas Kapolri menuju Polri yang Promoter.
  3. Mendukung kinerja Kapolri da­­lam merealisasikan program perpolisian masyarakat (Pol­mas) untuk mewujudkan dan meningkatkan kemitraan, dan kepatuhan hukum masyarakat.
  4. Mendukung kinerja Polri da­lam meningkatkan Kam­tib­mas, baik di darat ma­upun di per­ai­ran, sehingga ter­ta­nga­ninya se­ga­la bentuk kejaha­tan, baik di daratan maupun perairan yu­­ridiksi Polri.
  5. Mendukung ki­­­nerja Polri dalam hal publikasi dan informasi tentang berbagai hal yang di tangani Polri di se­lu­ruh wilayah Indonesia, ba­ik dalam penga­na­nan kasus korupsi, bencana banjir, pe­ning­­katkan pencapai­an quick wins dan terwu­jud­nya kondisi ling­kungan yang aman, dan bebas dari pe­nyakit ma­sya­rakat (pekat) se­perti pre­ma­nisme, kejahatan jalanan (street crime) dan, narkoba, miras dan per­ju­dian.

Sementara tujuan didirikannya organisasi ini sebagai mitra kelem­bagaan di dalam tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menghimpun berbagai elemen ke­ma­syarakatan dan media, dimana ke depannya dengan program-pro­g­ram yang ada akan bersinergi de­ngan Polri dalam berbagai kegiatan seperti, penyuluhan narkoba (P4­GN), bakti sosial, penyuluhan kes­berlantas (keselamatan berlalulin­tas), cegah tangkal paham ra­di­ka­lisme dan terorisme, antisipasi dan mengenali hoax, yang semuanya akan terpublikasikan pada media-media yang tergabung dalam FK­M2-Polri.

FKM2-Polri saat ini di­ko­man­doi Ketua Umum, Diansyah Putra Gumay, SE, M.Kom, MM, seorang profesional muda yang menjadi te­naga dan ahli Tekhn­ologi dan In­formatika (pakar IT) Polda Metro Jaya dari Centerpoint Group yang saat ini juga memimpin Lembaga Adat Tatar Sunda. Untuk operasio­nal­nya, FKM2-Polri juga didukung Sekjen  Edy Usman, seorang warta­wan senior yang selama ini ber­ku­tat di lingkungan Polri serta BNN, dan mengelola berbagai media na­si­onal. Selain wartawan ke­polisian yang menjabat sebagai Wa­kil Pe­mimpin Redaksi di Komuni­kasi Ma­­­syarakat dan Polri (Kom­pol), Wakil Pe­mimpin Redaksi Buser Nusanta­ra dan Wakil Pemimpin Redaksi Nu­san­­ta­ra News, ia juga menjadi ad­min pada sejumlah web­­site kepoli­si­an seperti Promoter News, Bha­yangkara Nusantara, dan ang­gota Cyber Troops Polda Metro Jaya.

Untuk keanggotaan, organi­sa­s­i binaan Kabagpenum Humas Mabes Pol­­ri Kombes Pol. Martinus Sitompul ini didukung media-media yang ter­gabung dalam Center­point Media Center (CMC) dan luar CMC, ba­ik media online/digital dan cetak an­tara lain:

CMC GROUP

  1. www.fkm2polri.com
  2. www.abahgumay.com
  3. www.kompol.info
  4. www.depokniaga.com
  5. www.topbogor.com
  6. www.bopuncur.com
  7. www.semidangonline.com
  8. www.besemah.com
  9. www.jurnalpemilu.com
  10. www.kibersindo.com
  11. www.tatarsunda.com
  12. www.­bhayangkara­nusanta­ra.com
  13. www.zonakomando.com
  14. www.mascipol.org
  15. www.newsjustice­in­ves­ti­ga­si.com
  16. www.botimnews.com
  17. Majalah Tatar Sunda
  18. Tabloid Top Bogor
  19. Tabloid Bopuncur
  20. Majalah Depok Niaga
  21. Tabloid NJI
  22. KibersindoMagz
  23. Tabloid Kompol
  24. Centerpoint.co.id
  25. CenterpointMagz
  26. Depok Niaga Magz
  27. kibersindo.com
  28. cakrawalanews.com
  29. poldametrojaya.com
  30. infopendidikan.com
  31. sawalanews.com
  32. bogorpost.com
  33. jakartapost.com
  34. seputarnusantara.com
  35. media9191.com
  36. koranonline.com
  37. tabloidonline.com
  38. majalahonline.com
  39. suaranusantara.com
  40. mataelangnews.com
  41. portalberita.com
  42. portalnews.com
  43. nusantaraexplore.com
  44. turnbackhoax86.blogspot.com
  45. kombatpol.com

NON CMC

  1. Buser Nusantara
  2. Nusantara News
  3. nusantara­news86.com
  4. Buser Kriminal (online/cetak)
  5. Riauexpress.com
  6. Telusur News/telusur­news.­com
  7. nusantaraexpress.com
  8. halodunia.co
  9. detik.in
  10. promoter.news
  11. promoter.info

ED – JAKARTA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*