Polri Minta Dukungan Masyarakat Berantas Hoax

Menyadari situasi jelang Pemilu 2019 akan semakin panas dengan meningkatnya penyebaran hoax atau berita bohong, Polri siap siaga untuk melawan penyebaran hoax. Kadiv Humas Polri Irjen Pol. M. Iqbal mengibaratkan situasi menjelang Pemilu 2019 ini seperti mesin mobil.

Sementara Polri diibaratkan sebagai radiator untuk mendinginkan situasi pesta demokrasi yang panas tersebut. “Polri kalau ibaratnya mesin mobil. Saat ini pemilu memasuki masa kampanye. Mesin mobil sudah dihidupkan bahkan sejak beberapa bulan yang lalu, bahkan sejak pilkada. Panas memang, karena kontestasi politik,” kata Iqbal saat menghadiri Diskusi Santun Bermedia untuk Politik Damai di Surabaya, Rabu (6/2/2019).

Iqbal mengatakan, Polri akan tampil sebagai radiatornya. ‘Cooling system sehingga yang panas tadi, mesin mobil tidak sampai overheat. Kalau overheat negara kita bisa goyang,” imbuhnya.

Kadiv Humas juga meminta dukungan masyarakat untuk membantu tugas kepolisian dalam memberantas hoax dan meminta masyarakat tak mudah percaya dan menyebarkan kabar yang diragukan kebenarannya.

“Untuk mesin pendingin kami secara undang-undang berada di depan dan kami anjurkan masyarakat membantu. Dari seluruh elemen, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat,” lanjut mantan Kabid Humas Polda Metro ini.

Lebih dari itu pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya guna memberantas penyebaran hoax. Salah satunya melakukan sosialisasi ke semua elemen masyarakat.

“Kita melakukan banyak hal Goes to Campus semua kapolres-kapolsek dekat ke masyarakat, ke universitas, ke sekolahan-sekolahan, ke kelompok milenial, ke kampung-kampung untuk menyampaikan, untuk membantu kami. Jangan terlalu percaya, intinya saring sebelum sharing,” ujar mantan Wakapolda Jatim ini. TIM – SURABAYA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*