Praktik Tebar Paku di Jalan Sudah Lama, Modusnya Pakai Bungkus Korek Api

12745884_1126491237391360_1886614708850480678_n

Jakarta- Aksi tebar paku di jalan, sangat berbahaya bagi keselamatan dan keamanan lalu lintas. Kasus ini sudah sejak lama terjadi, sehingga perlu sinergitas aparat dan masyarakat untuk menangkap pelakunya.

“Praktik penebaran ranjau paku di jalan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sudah berjalan relatif lama. Sehingga perlu sinergitas masyarakat dengan aparat menangkap pelakunya untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujar Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Minggu (14/2).

Dikatakan AKBP Budiyanto, polisi pernah melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku berinisial A di Cengkareng, medio Februari 2012 silam. “Proses kasusnya sampai di pengadilan,” ungkap AKBP Budiyanto.

AKBP Budiyanto menyampaikan, modus pelaku adalah memasukan paku ke dalam bungkus korek api dan dilempar ke jalan. “Modus yang digunakan dengan cara paku dibungkus atau dimasukan ke dalam bungkus korek api, kemudian dilempar di jalan dari atas sepeda motor atau mobil,” kata AKBP Budiyanto.

Menurutnya, polisi terus melakukan kegiatan membersihkan ranjau paku di jalan, dibantu kelompok masyarakat seperti “SABER” yang selama ini ikut berpartisipasi secara sukarela. “Kami ucapkan terima kasih kepada kelompok-kelompok yang secara sukarela membantu membersihkan paku di jalan,” tandas AKBP Budiyanto.

Berikut lokasi rawan atau sering terjadi penebaran ranjau paku:

1. Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat.
2. Jalan Juanda, Jakarta Pusat.
3. Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
4. Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
5. Cengkareng, Jakarta Barat.
6. Tomang-Slipi, Jakarta Barat.
7. Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.
8. Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*