Sosok Polri Hadir Sebagai Guru Bimbel di Tengah Masyarakat Kurang Mampu

KETIKA dunia pendidikan mulai “tercoreng” dengan berbagai masalah dan hanya berorientasi profit/bisnis yang membuat para orangtua murid menjerit lantaran terbebani dengan banyaknya pengeluaran untuk kebutuhan anak, seketika itu juga muncul harapan masyarakat akan hadirnya sosok tenaga didik yang benar benar peduli akan pendidikan, dan mengimplementasikan kewajiban negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Jika sosok tersebut seorang guru, mungkin suatu hal yang biasa. Tapi bagaimana jika sosok tersebut muncul dari kalangan penegak hukum? Tentunya, menjadi suatu hal yang luar biasa.

Lama tak terdengar, nama Ipda Aris Rachman yang belakangan viral dengan aksi heroiknya melumpuhkan kawanan perampok rumah kosong, ternyata punya kesibukan ‘ekstra’. Mantan Binmas Jati Cempaka dan Kapospol Jatiwaringin yang menjadi kreator terbentuknya Pamwil Polres Kota Bekasi ini tiba- tiba muncul di tengah tengah masyarakat sebagai guru Bimbel untuk anak-anak yang kurang mampu, yamg diadakan atas kerjasama Pamwil dan Polrestro Bekasi Kota.

Rasa kepedulian yang mendalam untuk mencerdaskan generasi bangsa dalam menghadapi jelang Ujian Akhir Nasional, menggerakkan hatinya untuk memberikan les privat secara cuma-cuma, gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Terlebih buku yang digunakan dibeli langsung dari kocek pribadinya.

Dengan berseragam selepas dinas, Aris yang kini anggota Polrestro Bekasi Kota di Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) ini langsung menuju titik-titik yang telah ditentukan Danpos Pamwil setiap masing-masing kelurahan. Dalam benaknya setiap akan mengajar, bagi orang yang mampu secara ekonomi pasti akan memberikan les tambahan dan pendalaman materi jelang Ujian Akhir Nasional bagi anaknya.

“Tapi kalau bagi orang yang tidak mampu bagaimana? Sedangkan orangtua anak tersebut ingin mendapatkan sekolah negeri yang didambakan bagi orang tua dengan anak,” kata Aris
Rasa kepedulian ini, tentu saja membuat masyarakat berterima kasih, terutama kepada Pamwil Polres Bekasi Kota atas inovasinya menghadirkan sosok pengajar dari anggota Polri yang notebene aktif. Terlebih anak anak peserta Bimbel tak ragu dan takut lagi kepada anggota Polri yang selama ini dicitrakan sebagai sosok yang menakutkan.

Adapun untuk Bimbel ini dilaksanakan di 4 titik wilayah kelurahan. Di antaranya, Jatiwaringin bertempat di Posko Pamwil, Jati Cempaka RW 09, Jatibening Baru di Posko Pamwil Puri Kapin Persada RT 004/04 dibantu Koordinator Sekretaris Pamwil Yudho Bayu Samudero, Ketua RT Anto dan Danpos Pamempat Madi Pe’il. Mereka sangat terharu setelah melihat seorang polisi mengajar.

Tak hanya itu, warga Jatimakmur juga antusias akan hadirnya sosok Polri di tengah anak-anak melakukan aktifitas mengajar di lingkungan. Ketua RT 007/009 Mistur salah satunya. Pihaknya juga ikut mengadakan bimbel dengan menghadirkan Aris sebagai pengajar di Danpos Pamwil Jatimakmur pantau 151. Terlihat juga, warga berebut untuk menjadikan rumahnya sebagai tempat bimbel.

Kegiatan Ipda Aris juga mendapat sorotan dari salah seorang tokoh masyarakat setempat, Tajudin. Mantan Lurah Jatiwaringin sekaligus Pembina dan pendiri Pamwil ini menyambut baik adanya sosok polisi yang mau mengajar bimbel secara gratis. Karena hal ini sangat menguntungkan para orangtua dan memberi kontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa. Dengan begitu, anggota Polri khususnya Polrestro Bekasi Kota bisa dekat masyarakat – YUSUF – BEKASI

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*