Tingkatkan Fungsi dan Kualitas SDM Polri, Humas Polda Metro Gandeng LPCT Adakan Pelatihan

KUR_0118

SEORANG Guru Besar Komunikasi dari Universitas Padjajaran, Prof. Dr. Sholeh Sumirat, M.S dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Public Relations menyimpulkan bahwa Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) adalah tindakan pencitraan yang dilakukan untuk menarik simpati masyarakat terhadap suatu organisasi atau perusahaan.

A (3)Bisa dikatakan, Humas adalah hal-hal yang bertujuan untuk memberikan informasi dari suatu organisasi atau perusahaan. Hal ini dianggap karena pekerjaan kehumasan berhubungan dengan anggota institusi dan masyarakat. Selain itu, kehumasan juga dapat diartikan sebagai pembinaan komunikasi dua arah yang berlandaskan kebenaran.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie pada suatu kesempatan pernah menjelaskan, ada tiga hal fungsi dan tugas utama seorang Humas. Pertama, seorang humas harus menyampaikan informasi kepada publik sKUR_0136ecara baik.

Kedua, untuk menjadi humas yang baik, seorang Humas tidak hanya memberikan berbagai informasi tentang institusi atau lembaganya kepada masyarakat, namun juga harus memberikan informasi kepada anggota dan pegawai-pegawai internal lembaga atau institusinya, dan ketiga, seorang humas harus dapat membangun dan menerima masukan-masukan dari eksternal lembaga atau institusinya serta membangun image lembaganya.

Sementara bagi Polri sendiri, keberadaan Polda Metro Jaya sebagai etalase dan barometer Polri, diharapkan bisa menjadi ujung tombak demi mening­kat­kan citra Pol­­ri, dalam hal ini melalui fungsi kehumasan.

KUR_0163Berdasarkan hal tersebut, guna meningkatkan fungsi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Polri, khususnya di lingkungan Polda Metro Jaya, Biro SDM melalui Humas Polda Metro Jaya menggandeng LPCT (Lembaga Pendidikan Centerpoint Technologies) mengadakan kegiatan pelatihan bagi anggota Kehumasan di bidang Informasi dan Teknologi (IT), yang berlangsung sejak 9-14 Agustus 2015, di ruang PID Humas Polda Metro Jaya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasubbid PID Humas Polda Metro Jaya AKBP Dra. Yulia Hutasuhut didampingi CEO Centerpoint Technologies dan Dosen IT STT Telematika, Diansyah Putra Gumay, S.Kom dan dua instruktur LPCT, Edy Usman dan Noor Aly. Pada kesempatan tersebut AKBP Yulia menyampaikan kepada para anggota yang ikut pelatihan untuk serius dalam mengikuti kegiatan selama pelatihan berlangsung.

KUR_0166Selama pelatihan berlangsung, nampak para siswa begitu antusias dan semangat mengikuti setiap paparan dari materi yang diberikan para instruktur dari LPCT. Apalagi setelah mendapat support dari Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol. Drs. Muhammad Iqbal, yang sering mengontrol kegiatan tersebut.

Dalam pelatihan ini, para peserta tidak hanya diberikan materi seputar IT, tetapi juga ilmu lain yang terkait dengan kehumasan. Hari pertama, peserta disuguhkan materi tentang design grafis dan pengenalan aplikasi photoshop. Sedangkan pada hari kedua dan ketiga, para siswa diberikan pendalaman materi sekaligus praktek seputar teknik photoshop dan pengenalan dasar Corel Draw.

KUR_0162Selanjutnya di hari keempat, para siswa diberikan materi tentang Informasi yang wajib disediakan bagi instansi untuk publik dalam rangka penunjang Undang Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yang berlanjut pada pengenalan system informasi IT (Buzzer di Media Sosial), Cyber Crime (Kejahatan Media), dan portal website.

Di hari terakhir, para siswa diberikan materi pelatihan tentang tehnik penulisan berita di media online (mengubah bahasa lapga, lap kepolisian menjadi bahasa berita di media) sekaligus praktek penulisan berita. Selanjutnya, sebelum penutup, mereka diberikan praktek tentang cara pengisian konten berita pada portal web Polda Metro Jaya (poldametrojaya.info) dari hasil tulisan masing-masing. ED

KUR_0179

A (2)

A (7)

A (8)

 KUR_0098

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*