Tolak Demo Anarkis, Baraya Bahar Garut Banten (BBGB) dan Sejumlah Ormas Mendukung Jawa Barat Kondusif

Baraya Bahar Garut Banten (BBGB) saat melakukan deklarasi anti anarkis di depan gedung sate kota Bandung, jumat (16/10/20).

Kompol.info – Organisasi masyarakat (ormas) melakukan deklarasi anti anarki di depan gedung sate Bandung, Jumat (16/10/20). Ormas tersebut antara lain , Baraya Bahar Garut Banten (BBGB), dan Manggala, kedua ormas tersebut mewakili ormas-ormas lain seperti Paku Pajajaran, Pagarnusa, dan Ansor.

Deklarasi ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh ormas seperti abah Bahar ketua Baraya Bahar Garut Banten (BBGB), Agus ketua DPC manggala kota Bandung serta jajaran kepolisian Polda Jawa Barat.

Terkait deklarasi ini, abah Bahar ketua Baraya Bahar Garut Banten (BBGB) berharap agar aksi anarkis tak lagi terjadi di wilayah kota Bandung, sehingga situasi keamanan tetap kondusif.

“kalau masalah (menolak UU Cipta Kerja)  itu kita tidak ikut, karna orang budaya itu tidak berpolitik, yang terpenting kota bandung tidak boleh dirusak, karena ini peninggalan dari para leluhur, silahkan berdemo tapi jangan sampai anarki dan merusak fasilitas yang ada, mudah-mudahan kedepannya tidak ada demo yang lain yang bikin kerusuhan, silih asah silih asih silih asuh silih wawangi, itu kan yang diajarkan oleh para leluhur kita.” Ujarnya.

Ia juga menyebut bahwa deklarasi anti anarki ini merupakan respons dari aksi demo berujung anarkis yang terjadi di kota Bandung beberapa waktu belakangan.

“Ini bentuk kepedulian, kita hanya terus berdoa dan mendukung yang terbaik untuk negeri ini, yang penting aman nyaman dan sejahtera, jangan sampai ada perselisihan, apabila tetap anarkis akan berhadapan dengan kami warga Jawa barat.” Ujarnya.

Sejulah perwakilan ormas tersebut juga menyatakan dukungan kepada Polri  dalam mengambil  tindakan tegas terhadap pelaku demo anarkis, karena banyak warga merasa terganggu dengan ulah pendemo yang menolak UU Ciptaker di Jawa Barat. 

“Silahkan berdemokrasi, tapi tidak anarkis. Kami sangat mendukung tindakan Polri dalam menangani para pendemo yang anarkis di Jawa barat khususnya di kota Bandung ini, karna saya yakin banyak sekali warga yang merasa terganggu terhadap aksi demo anarkis yang terjadi belakangan ini.” ujar Agus ketua DPC Manggala kota Bandung.

“Kami mendukung segala bentuk kebijakan Presiden Jokowi saat ini dan kami siap membela NKRI dari para oknum yang memecah belah bangsa ini, dengan tegas kami menolak segala bentuk kegiatan aksi unjuk rasa yang anarkis di Jawa Barat. Harapan kami untuk jawa barat tetap kondusif, supaya jangan ada demo demo, kalo demo ya prosedur lah jangan sampai ada ada pengrusakan. tetap menjunjung tinggi nilai budaya sunda yang tidak mengajarkan perselisihan antar umat manusia.” tambah ketua DPC Manggala kota Bandung.

Deklarasi anti anarki ini juga turut dimeriahkan oleh aksi pertunjukan debus yang dilakukan oleh para anggota ormas yang hadir pada acara tersebut.

 

Ahmad Ridwan – BDG

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*