Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Apresiasi Kegiatan Lintas Generasi Dari Perjuangan Rd.Dewi Sartika

Bandung Kompol.info- Yayasan Ahli Waris Pahlawan Nasional Dewi Sartika (Awika) sedang menyelenggarakan kegiatan “Inspirasi Lintas Generasi dari Perjuangan Rd. Dewi Sartika”. Kegiatan tersebut bertujuan mengajak masyarakat terutama para blogger dan fotografer seluruh Indonesia untuk mengenal Rd. Dewi Sartika melalui ajang kompetisi bergengsi.

Tentang pelaksanaan kegiatan tersebut disampaikan oleh Pengurus Alumni Puseur Damas, Yayasan Ibu Dewi Sartika, dan Yayasan Awika kepada Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin (19/11/2018), di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Menurut anggota Yayasan Awika, Iwan Kurniawan, kompetisi telah berlangsung sejak 1 November lalu dan akan berakhir pada 30 November mendatang. Pemenang akan diumumkan pada puncak peringatan Hai Lahir Raden Dewi Sartika pada 4 Desember mendatang, di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Kompetisi berupa penulisan artikel Blog Competition Dewi Sartika yang mengusung tema Hidupku Memberikan Inspirasi” dan kompetisi foto bertemakan “Memorabilia Ibu Rd. Dewi Sartika”.

Untuk artikel berisikan tulisan yang menceritakan peran, perjuangan, prestasi peserta sesuai dengan profesi yang dijalankannya. Kata kunci “terinsipirasi dari nilai-nilai perjuangan Rd. Dewi Sartika” harus tercantum dalam artikel yang berisi 500-1.500 kata. Para blogger wajib memuat tulisan di blog masing-masing dan mengikuti akun fanpage Yayasan AWIKA Dewi Sartika atau akun Instagram @dewisartikaofficial.

Sedangkan untuk kompetisi foto, peserta mengirimkan foto diri bersama dengan benda/replika peninggalan atau lokasi yang berkaitan dengan Rd. Dewi Sartika. Misalnya, area Sekolah Dewi Sartika di Jalan Kautamaan Isteri, makam para Boeparti Bandoeng di Jalan Karang Anyar, dan Taman Dewi Sartika di Balai Kota Bandung.

“Insya Allah dengan kegiatan seperti ini, masyarakat semakin mengenal Rd. Dewi Sartika, salah satu wanita tangguh sebagai pencetus pendidikan di Kota Bandung,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mendukung kegiatan Inspirasi Lintas Generasi dari Perjuangan Rd. Dewi Sartika yang digagas oleh Yayasan Awika. Apalagi untuk lebih mengenalkan Rd. Dewi Sartika kepada masyarakat.

“Raden Dewi Sartika merupakan salah satu wanita tangguh pencetus pendidikan di Kota Bandung. Nilai kearifan lokal di Bandung harus diketahui oleh masyarakat, supaya semakin dikenal akrab,” ujar Yana.

Menurutnya, dengan berbagai perkembangan teknologi maupun zaman, sejarah dan cerita mengenai Rd. Dewi Sartika harus lestari bahkan dipahami oleh masyarakat. “Coba gali dari mulai para pendiri sekolah yang dibuat oleh Raden Dewi Sartika. Ceritanya seperti apa, kita tata kembali sehingga masyarakat lebih mengetahuinya,” pinta Yana.

Ia menyarankan agar memanfaatkan beberapa fasilitas di Kota Bandung. Salah satunya Museum Sejarah Kota Bandung yang baru saja diresmikan. Menurutnya, fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan agar anak sekolah lebih paham mengenai sejarah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*